budidayakan pepaya california

pepaya california adalah pepaya yang dihasilkan oleh para pakar peneliti dari kampus insitut pertanian bogor, pepaya ini berbeda dari pepaya jenis lainnya dikarenakan rasanya yang sangat manis serta daging buahnya yang padat tidak lembek seperti kebanyakan jenis pepaya yang ada dipasaran.
pepaya ini saat ini menjadi primadona baik dan prospek yang cerah serta menjanjikan untuk diusahakan oleh petani. sentra penghasil pepaya ini di jawa tengah sepengetahuan penulis ialah dikabupaten magelang persisnya di sekitar lereng gunung merapi serta di kabupaten sleman provinsi yogyakarta. keunggulan dari  pepaya jenis ini adalah umur panen dari tanam sampai berbuah relatif singkat yakni sekitar 9-12 bulan, berdasarkan pengmatan penulis karena penulis juga mencoba menanam pepaya tersebut dilahan tegalan yang tanahnya gembur serta sedikit memiliki kandungan lempung. apabila anda ingin menanam di lahan yang kosong disekitr rumah anda anda bisa mencoba menanam pepaya jenis ini apabila panen telah tiba anda dapat menikmati hasil jenih payah anda menanam pepaya tersebut dengan penuh bangga ( lebay),
sebagai orang yang awam seluk beluk tentang dunia perpepayaan ketika saya mencoba menanam dilahan tersebut pedoman yang saya gunakan untuk menanam pepaya california sama seperti menanam buah buahan yang lainnya yakni:
1. siapkan bibit yang akan ditumbuhkan
2. buat lubang tanah
3. siapkan pupuk kandang dan pupuk organik npk 15 15 15
4. menanam bibit
5. pantau perkembangan bibit sampai siap panen

1.bibit pepaya california yang akan diusahakan sebaiknya yang sudah didaftarkan di dinas pertanian dan sudah teruji hasilnya karena bibit akan sangat berpengaruh pada kualitas serta kuantitas hasil panen jangan membeli kucing dalam karung kata orang bijak. kalaupun anda malas membawa bibit atau anda ingin mengusahakan dalam jumlah besar anda bisa membeli benihnya dari toko pertanian terdekat.
cara mengkecabahkannya anda siapkan tisu yang sudah anda basahi dengan air dan letakkan benih pepaya california diatasnya semprot atau basahi bibit dan  anda tutup lagi tisu diatasnya. benih california yang baik akan mulai berkecambah mulai4-7 hari. setelah itu anda bisa memindahkan kedalah polibag plastik yang berdiameter sekitar 10 cm buat lubang tanam ditengah polibag tersebut sedalam 0,5-1 cm siram dan letakan di tempat yang sinar mataharinya cukup untuk fotosintesis bibit tadi. jangan lupa selalu siram setiap pagi dan sore karena pepaya membutuhkan air yang banyak, media polibag yakni tanah dan pupuk kandang serta sekam padi dengan perbandingan 1;1;1 tanah sebagai media pupuk kandang sebagai nutrisi bagi bibit dan sekam sebagai porositas tanah agar oksigen yang dibutuhkan akar dapat dimanfaatkan oleh tanaman.
2. lubang tanam di buat dua minggu sebelum bibit ditanam atau lubang tanam dibakar bisa menggunakan jerami atau sampah sampah dedaunan kering tujuannya agar microorganisme pengganggu mati dan tidak menghambat pertumbuhan pepaya california yang kita tanam.
3. pupuk kandang digunakan untuk menambah nutrisi yang digukana tanaman untuk makan dan tumbuh kembang tanaman tersebut untuk perbandingan pupuk kandang 5 kg perlubang tanam dan 100 gr pupuk anorganik npk 15 15 15 disini saya menyarankan untuk menggunakan pupuk kandang lebih banyak dari anorganik karena menurut petani rasa buah yang dipupuk oleh pupuk kandang lebih manis dan lezat serta kenampakan buah yang lebih bagus dibanding yang lebih banya dipupuk an organik,  pupuk anorganaik npk 15 15 15 tetap digunakan walau dosisnya lebih sedikit karena reaksi pupuk kandang terhadap tanaman pepaya dan lainnya ssangat lambat dan kandungan nutrisinya lebig sedikit tapi tanah menjadi subur tidak keras seperti jika menggunakan pupuk anorganik, sedangkan pupuk anorganik digunakan pada tanaman karena reaksi pada tanaman cepat. jadi harus seimbang pemberian pupuk dilakukan setiap 3 bulan sekali dan pada saat ditanam
4. bibit ditanam dengan jarak sekitar 1,5 meter tujuannya agar tidak terjadi persaingan nutrisi pada setiap tanaman. masukan 5 kg pupuk organik dan 100gr npk 15 15 15 dicamur dan di buat untuk menutup lubang tanam. serta setelah ditanam pantau terus tanaman jangan sampai gulma tumbuh disekitar tanaman kita karena dapat digunakan oleh microorganism pengganggu untuk tempat tinggalnya.
5. setelah buah siap tiba yakni ditandai dengan keluarnya bunga kebutuhan air pada tanaman harus dijaga. tanaman yang berbunga namun pada saat kekurangan air bunganya bisa rontok dan tidak bisa berkembang menjadi buah. jadi air sangat penting dijaga. dan pabila masa panen tiba silakan nikmati jerih parah anda saat menanam dengan menikmati hasil buah yang lezat. hehehe
 apabila ada kekurangan dengan tulisan diatas penulis serta tulisan yang acak adul gak karuan penulis memohon maaf ari hari yang paling dalam
wasalamualaikum wr.wb
TANAMAN PEPAYA CALIFORNIA UMUR 6 BULAN SETELAH TANAM SUDAH MULAI BERBUNGA
TANAMAN BERUMUR 6 BULAN SETELAH TANAM