Perjalanan Mencari Bangku PTN

hey kawan kenalin nama gw Wendi Atanova, oke langsung aja gue bakal nyeritain proses mendapatkan satu kursi PTN.  setelah gue lulus sekolah tercinta gw di SMK N 1 TEMANGGUNG yang notabenenya untuk lulus dari sekolah itu kita harus menempuhnya selama 4 TAHUN....!!! kebayang gak gimana bosennya jadi anak siswa disekolah gw, disaat temen-temen SMA kalian udah persiapan mencari bangku perkuliahan setelah UN, yang pastinya masuknya SMAnya tahunnya sama ya, cuma lulusnya gak bareng. sekedar catatan gue masuk SMK itu tahun 2010, ikut ujian nasional tahun 2013  DAN...... setelah itu gue harus PKL. iya PKL selama 6 bulan dari bulan juli sampai bulan Desember. kalo lo gagal PKL atau engga ikut PKL lo gak bisa dinyatakan lulus dari sekolah gw dan harus ngulang tahun. EDAN, satu kata yang gue ucapin masa harus menempuh 1 PELITA buat lulus, eh eh eh itu kalo lo gagal PKL ya kalo gak gagal ya tetep  4 TAHUN. setelah kita selesai PKL itu bulan desember 2013 kita harus membuat laporan PKL yang BUANYAK MEN...! isinya itu adalah kegiatan yang lo lakukan selama diperusahaan lo kerja. dan dari bulan januari 2014 - bulan juni 2014 itu diadakan ujian kejuruan gitu, macam ujian nasional khusus kejuruan karena gue ambil jurusan ATP apa pula itu ,itu singkatan dari AGRIBISNIS TANAMAN PERKEBUNAN, yah itu jurusan fokusnya mengenai tanaman perkebunan misalnya teh, karet,kopi, kelapa sawit dll, dari budidaya mulai dari biji menjadi biji lagi. sebenarnya orang tua gw pengennya gw masuk SMA 1 atau 2 dikota gw tapi gw menolak. dengan alasan saat itu gue pengen menghindari MATEMATIKA, FISIKA, BIOLOGI. anehkan??? padahal pas keterima juga TETEP BAE ada pelajaran itu di SMK tapi memang gak terlalu mendalam sih gak kaya SMA materinya. eh malah keluar dari konteks, oke kembali kekonteks cerita GUYS. setelah melaksanakan ujian kejuruan itu GW GALAU SEJADI-JADINYA, soalnya temen-temen udah pada daftar seleksi KERJA, jadi di SMK gw bila kalian ingin langsung kerja sekolah bakal Memfasilitasi dan memanggil langsung HRD dari perusahaan tersebut untuk datang kesekolah dan menyeleksi calon karyawannya. hampir 95% temen-temen daftar kerja karena gue galau ya udah gw daftar kerja tapi itu kerjanya bukan di indonesia tapi kerja dijepang, JADI SEMACAM MAGANG gitu selama 5 tahun atau 3 tahun gw lupa. diseleksi tingkat sekolah gw lolos seneng engga, perasaan gw gak seneng sama sekali gue malah galau masa gw nanti misalnya pulang dari jepang umur 25 terus kuliah lulus S1 umur 30. ya itu tergantung prinsip hidup sih. tapi prinsip hidup orangkan beda-beda.oke lanjut, soalnya semacam TPA pas kita daftar SBMPTN nah yang terakhir adalah tes KESEHATAN kalo lo lolos, lo bakal diasramain gitu digembleng selama 6 bulan di tempat magangnya. dan pengumuman tes kesehatan GUE GAK LOLOS......!!! nangis engga juga biasa aja. gw mikir mungkin ALLAH bakal menunjukan jalan lain buat gw. sekedar catatan sekolah gw gak bisa input data SNMPTN gara-gara nilai semester 1-2 gak dimasukin. kalaupun dimasukin katanya kita bakal kalah sama anak SMA, oke deh gak papa. mungkin ALLAH pengen melihat perjuangan gw, satu satunya jalan cuma kudu kuliah masuknya lewat SBMPTN atau UNIAN MANDIRI sebenarnya gw udah mulai puyeng juga karena gw buka soal-soal SBMPTN  tahun lalu bikin pengen muntah apalagi MTK, FISIKA, BIOLOGI juga ikut-ikutan susah soalnya. yaudah itu persiapan cuma 1 bulan ya. setiap hari belajar dari buku-buku prediksi dan belajar materi MTK dan kawan-kawannya itu. singkat cerita sehari sebelum HARI H SBMPTN gue diwisuda, temen-temen pada foto-foto sedangkan gw gak bis berlama-lama dikarenakan sorenya harus ke jogja karena gw ambil PANLOK JOGJA tepatnya di UGM fak GEOGRAFI, hari H SBMPTN dimulai gw masuk  ruangan dateng pengawas yang mukanya kaya orang ngantuk mungkin juga banyak kerjaan yang harus diselesaikan dan 5 menit pertama sang penjaga membacakan peraturan UJIAN SBMPTN. karena cuma sehari dan dibagi menjadi dua tahap yang pertama tes MATDAS, TPA, terus istirahat 5 menit lalu  UJIAN SAINSTEK buka soalnya matematika, gw angkat tangan, buka soal fisika gw angkat tangan ,buka soal kimia sama angkat tangan terakhir buka soal biologi juga tambah puyeng ya udah deh gw kerjain aja tuh soal sambil berdoa semoga ada yang bener 1 minimal. oh ya kita kalo salah jawab -1 kalo bener + 4. singkat cerita hari hari menjelang pengumuman SBMPTN gw cuma tidur, nonton tv dan berleha-leha ria gw gak persiapan buat ujian mandiri kalo gak lolos. dan akhirnya jeng-jeng gw gak lolos SBMPTN, nangis iya tapi gak sampai berhari hari ya. besoknya harus MOVE ON lagi. lalu pas lebaran karena bertepatan dengan hari terakhir puasa pengumumannya. gue sakit 3 hari jadi ayah dan ibu silaturahmi kerumah sodara gw dirumah sendiri coz mereka kalo udah nyomong sama saudara yang jauh dari pagi sampe sore gak berhenti-henti kecuali laper, habis makan ya lanjut lagi. oh ya sakit itu mungkin karena masih ada residu-residu penyesalan yang terbawa ke pikiran tidak dikeluaran jadinya SAKIT...padahal bentar lagi ujian mandiri. gw daftar UMBPTN sama ujian mandiri di UNNES. sebenarnya gue bawa beban psikologis yang gede juga karena kalo gw engga kuliah gw malu, kalo kesekolah buat ambil ijazah pasti ditanyain kerja dimana, kalau kuliah kan seenggaknya gw gak begitu malu, singkat cerita ujian UMBPTN gw gagal lolos padahal tesnya lumayan mungkin kurang temang aja gw. dan gw udah pasrah tinggal ujian mandiri UNNES ya mau gimana lagi tingga UNNES yang buka sama UNY, tapi gw gak daftra UNY soalnya males gw udah trauma menerima permintaan maaf anda tidak lolos. dan perjuangan itu dimulai dari rumah gw dianter bokap gw thanks ayah gw gak bakal menyia-yiakan kesempatan kali ini. soalnya ayah gw sampe bela-belain gak kerja sampai setengah bulan dari liburan yang harus beliau kerja. gw kerjain itu soal bener-bener sekuat kemampuan gw, gw juga minta doa restu ke kedua orang tua dan  semoga dimudahkan dalam mengerjakan soal. setelah itu hari hari menunggu pengumuman gw habiskan dengan berdoa seharusnya 7 hari udah diumumin tapi diundur sampe dua hari , saat hari H pengumuman SPMU atau semacam ujian mandiri dari UNNES webnya itu ERROR. ya udah gw tinggal maen ke sungai belakang rumah sekalian mandi di pemandian umum yang deket sungai belakang rumah itu, sungai progo tepatnya. seumur-umur gw baru pertama kali mandiri di pemandian UMUM....!!! padahal deket cuma 50 meter doank. ayah gw udah gak sabar buka, tapi emang error terus katanya ayah gw ini mungkin pertanda kamu lolos. dannnnnnnnn setelah memasukan nomor peserta itu sempet hilang juga kertasnya untungnya gw inget download dan ngopy softcopynya di flashdisk dan memasukan tanggal lahir jeng- jengggggg........ loadingnya lama bener
alhamdulillah bersyukur banget walau engga linear dengan jurusan di SMK seenggaknya gw bisa mendapat ilmu baru karena tujuanku adalah mencari ilmu. teruslah berjuang karena hasil perjuangan tidak akan pernah berbohong