sirih sebagai penyambutan

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.(kata mas wikipedia)
sepintas kita mengenal sirih sebagai tanaman yang hanya merambat entah di pohon,pagar rumah,hingga tembok rumah, dan tahukah anda bahwa sirih mengandung banyak manfaat di antaranya untuk pengobatan jerawat,iritasi pada mata(belekan .red) dan anti kanker mulut.
di indonesia sirih digunakan oleh suku-suku yang tersebar di seluruh nusantara ini sebagai hidangan penyambutan bagi tamu yang datang didaerah suku tersebut tinggal terutama suku yang agak pedalaman.
di daerah saya tinggal "jawa tengah" khususnya temanggung masih banyak orang-orang renta(tua) yang masih makan sirih dengan campuran pinang dan tentu kapur sirih.  istilahnya "nginang" katanya mbah saya kalau sehari gak nginang rasanya gimana gitu kayak ada yang kurang, mungkin efeknya seperti kita merokok kali ya ada efek "ketagihannya".
tapi jangan salah loh mbah-mbah di tempat saya tinggal giginya, "hehe ketahuan kalo sering memperhatikan giginya mbah-embah" masih lengkap lo gak ada yang gampang patah walau usianya sampai 90an tahun masih kuat makan daging mungkin karena efek dari nginang tadi ya. walau air liurnya terlihau kuning kecoklatan